Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Mimi Rahmi Rosneli Universitas Pahlawan
  • Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi Universitas Pahlawan
  • Adityawarman Hidayat Universitas Pahlawan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.506

Keywords:

Pembelajaran, RME, Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 002 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan pembelajaran RME. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan RME untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa materi pecahan pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Peneliti ini dilaksanakan pada SDN 002 Muara Jalai dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika dari sebelum tindakan dengan rata-rata persentase 57,25% dengan kategori kurang, dengan menggunakan pembelajaran RME maka terjadi peningkatan siklus 1 dengan persentase 70,57% dengan kategori cukup, sedangkan rata-rata siklus 2 kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan pembelajaran RME terjadi peningkatan dengan rata-rata 84,91% dengan kategori baik. Jadi, pembelajaran Matematika dengan pembelajaran RME dapat meningkatkan kemampuan Pemecahan masalah siswa kelas V SDN 002 Muara Jalai.

References

Adjie,Nahrowi & Rostika,Deti. (2006). Konsep Dasar Matematika. Bandung: UPI PRESS

Andriani,Melly. (2013). Pembelajaran Matematika SD/MI. Pekanbaru: Benteng Media,CV.

Firdaus. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Fitriani,Kartika & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik, Volume 3, Nomor 1 .

Komariah. (2007). Model Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Realistik Pada Pembelajaran Matematika SD.

Mansyur,zulfikar. (2014).Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Mairing,Jackson. (2018). Pemecahan Masalah Matematika cara siswa memperoleh jalan untuk berpikir kreatif dan sikap Positif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Muslich,Masnur. (2012). Melaksanakan PTK Itu Mudah Classroom Action Research). Malang: Bumi Aksara.

Roebyanto.Goenawan & Harmini.Sri. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati.Puji. (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Siswa Di SD.

Syarif,Mohamad.(2015). Strategi Pembelajaran:Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sarbiyono. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,Volume 1, Nomor 2.

Shoimin,Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Unggah,Jasa. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Ulvah,Shovia. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional, Volume 2, Nomor 2.

Wijaya,Ariyadi. (2011). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Geraha Ilmu.

Wardhani,Igak & Wihardit,Kuswaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahyuni,Rini. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Volume 5, Nomor 2.

Downloads

Published

2020-02-18