Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII 3 MTsN 11 Agam melalui Teknik Menulis Puisi Berdasarkan Cerita

Authors

  • Rini Mulyati Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Agam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5033

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII 3 MTsN 11 Agam melalui teknik menulis puisi berdasarkan cerita. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 3 semester 2 MTsN 11 Agam yang berjumlah 32 siswa. Data peningkatan hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif-analitis. Hasil penelitian terhadap pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII 3 semester 2 MTsN 11 Agam melalui teknik menulis puisi berdasarkan cerita sangat baik diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi. Penerapan teknis menulis puisi berdasarkan cerita dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan sikap positif siswa selama proses pembelajaran. Melalui teknik menulis puisi berdasarkan cerita dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII 3 MTsN 11 Agam dapat dilihat pada rata-rata yang diperoleh sisiwa pada siklus 1 yaitu 64,375, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84,59.

Downloads

Published

2022-06-28