Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII 3 MTsN 11 Agam melalui Teknik Menulis Puisi Berdasarkan Cerita
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5033Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII 3 MTsN 11 Agam melalui teknik menulis puisi berdasarkan cerita. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 3 semester 2 MTsN 11 Agam yang berjumlah 32 siswa. Data peningkatan hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif-analitis. Hasil penelitian terhadap pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII 3 semester 2 MTsN 11 Agam melalui teknik menulis puisi berdasarkan cerita sangat baik diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi. Penerapan teknis menulis puisi berdasarkan cerita dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan sikap positif siswa selama proses pembelajaran. Melalui teknik menulis puisi berdasarkan cerita dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII 3 MTsN 11 Agam dapat dilihat pada rata-rata yang diperoleh sisiwa pada siklus 1 yaitu 64,375, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84,59.Downloads
Published
2022-06-28
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).