Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar

Authors

  • Azmi Yontri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.503

Keywords:

Proses Pembelajaran, Tematik Terpadu, Model Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya guru dalam proses pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 63 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.mPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian RPP pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 77,7 %, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 86 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 94 %. Penilaian aspek guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 70,8 %, pada siklus I pertemuan 2 meningkan menjadi 87,5 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 96 %. Penilaian aspek siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 70,8 %, pada siklus I pertemuan 2 meningkan menjadi 87,5 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 96 %. Penilaian terhadap proses dan hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata nilai 68,27, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 76,03, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 80,14. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

References

Hamzah, dkk.2011.Menjadi Peneliti PTK yang Professional.Jakarta: Bumi Aksara

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Jakarta: Ghalia Indonesia

Kunandar.2008.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:

Rajawali Pers

Downloads

Published

2020-02-18