Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skills terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V

Authors

  • Nurul Utami Universitas PGRI Palembang
  • Hermansyah Hermansyah Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4856

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari soal higher order thinking skills terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu true eksperimental design dengan desain penelitian berupa the randomized posttest only-control design dengan sampel penelitian yang terdiri atas dua kelas meliputi kelas eksperimen yaitu kelas VB berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol yaitu VC berjumlah 25 siswa dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan Uji-t dua sampel bebas (independent sample t-test) diperoleh nilai thitung yaitu 10,549 dan nilai ttabel yaitu 0,2732 dengan ? = 0,05 dan df = 50, maka thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan tolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa Soal higher order thinking skills memiliki pengaruh terhadap  kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V.

Downloads

Published

2022-06-22