Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skills terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4856Abstract
Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari soal higher order thinking skills terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu true eksperimental design dengan desain penelitian berupa the randomized posttest only-control design dengan sampel penelitian yang terdiri atas dua kelas meliputi kelas eksperimen yaitu kelas VB berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol yaitu VC berjumlah 25 siswa dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan Uji-t dua sampel bebas (independent sample t-test) diperoleh nilai thitung yaitu 10,549 dan nilai ttabel yaitu 0,2732 dengan ? = 0,05 dan df = 50, maka thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan tolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa Soal higher order thinking skills memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V.Downloads
Published
2022-06-22
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).