Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4825

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan aspek penting dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini menyaratkan bahwa perhatian dalam pola asuh orang tua memiliki orientasi pada proses belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SDN 4 Keling Jepara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh otoriter berpengaruh 66%, pola asuh demokratis berpengaruh 72%, dan pola asuh permisif berpengaruh 83% terhadap hasil belajar matematika. Uji-f diperoleh nilai signifikan 0,021<0,05 dan perolehan nilai R square 0,539 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sejumlah 53,9%.

Downloads

Published

2022-06-25