Fostering Students’ Writing Competence Through Grammarly
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4625Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi Grammarly dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini juga akan mendeskripsikan penerapan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis teks recount, hasil tulisan siswa, dan tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif karena penelitian ini mencoba mendeskripsikan penerapan aplikasi Grammarly untuk membantu siswa dalam menulis teks bahasa Inggris khususnya teks recount. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, hasil tulisan siswa, dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aplikasi Grammarly berhasil diterapkan untuk membantu siswa dalam kesalahan penulisan seperti kesalahan tata bahasa dan mekanik. Namun, siswa tidak mempertimbangkan penggunaan kosakata karena mereka tidak mencoba mencari sinonim dari kata asing dari teks mereka. Selain itu, tanggapan siswa menunjukkan bahwa siswa akan menggunakan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis nanti dan beranggapan bahwa aplikasi Grammarly membantu untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menulis teks Bahasa inggris.Downloads
Published
2022-06-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hilda Aprilinda, Ririn Pusparini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).