Fostering Students’ Writing Competence Through Grammarly

Authors

  • Hilda Aprilinda State University of Surabaya
  • Ririn Pusparini State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi Grammarly dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini juga akan mendeskripsikan penerapan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis teks recount, hasil tulisan siswa, dan tanggapan siswa terhadap penerapan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif karena penelitian ini mencoba mendeskripsikan penerapan aplikasi Grammarly untuk membantu siswa dalam menulis teks bahasa Inggris khususnya teks recount. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, hasil tulisan siswa, dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aplikasi Grammarly berhasil diterapkan untuk membantu siswa dalam kesalahan penulisan seperti kesalahan tata bahasa dan mekanik. Namun, siswa tidak mempertimbangkan penggunaan kosakata karena mereka tidak mencoba mencari sinonim dari kata asing dari teks mereka. Selain itu, tanggapan siswa menunjukkan bahwa siswa akan menggunakan aplikasi Grammarly dalam kegiatan menulis nanti dan beranggapan bahwa aplikasi Grammarly  membantu untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menulis teks Bahasa inggris.

Downloads

Published

2022-06-20