A Systematic Literature Review: the Role of Teachers and Parents in Online Learning in Indonesia

Authors

  • Septian Cahya Azhari Universitas Siliwangi
  • Ely Satiyasih Rosali Universitas Siliwangi http://orcid.org/0000-0001-8749-7619
  • Mega Amalia Universitas Siliwangi
  • Resi Rismawati Universitas Siliwangi
  • Tita Yuniarti Universitas Siliwangi
  • Zahra Zahra Universitas Siliwangi
  • Sri Rahayu Ningrat Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4147

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dan orang tua selama pembelajaran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic literature review dengan PICOS. Data yang digunakan diambil dari Sinta, Google Scholar, dan Publish or Perish. Metode yang digunakan untuk menganalisis data, kemudian menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran guru meliputi melakukan inovasi media pembelajaran, menyusun RPP, memberikan motivasi, menjadi fasilitator, mediator dan evaluator. Sedangkan peran orang tua meliputi menyediakan fasilitas penunjang belajar, orang tua harus dituntut untuk menguasai teknologi, mendampingi anak dalam belajar, memotivasi anak, memelihara psikologis dan spiritual anak serta peran menjadi panutan, pendampingan, pengorganisasian, dan pengajaran.

Author Biographies

Ely Satiyasih Rosali, Universitas Siliwangi

Pendidikan Geografi

Mega Amalia, Universitas Siliwangi

Prodi Akuntansi

Resi Rismawati, Universitas Siliwangi

Prodi Pendidikan geografi

Tita Yuniarti, Universitas Siliwangi

Pendidikan Matematika

Zahra Zahra, Universitas Siliwangi

Prodi Ilmu Politik

Sri Rahayu Ningrat, Universitas Siliwangi

Prodi Pendidikan Biologi

Downloads

Published

2022-06-01