Pengaruh Busy Book terhadap Pengenalan Bilangan dan Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Nurul Hidayah Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26036Abstract
Penggunaan media belajar Busy Bookerhadap pengenalan bilangan dan bentuk geometri pada anak dapat digunakan untuk menstimulasi anak usia dini sebagar dasar anak untuk mengenal konsep matematika dasar. Busy Book merupakan sebuah media berbentuk buku yang berisikan berbagai macam kegiatan pengenalan bilangan dan bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui pengaruh Busy Book terhadap pengenalan bilangan dan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis peneltian ini adalah Quasi Experiment dengan One Grup Pretest-Posttest design. Subjek penelitian ini menggunakan anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Hidayah Kebumen yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara atau tes lisan dan analisi data menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil nilai sig. (2-tiled) sebesar 0.000 artinya penelitian menunjukan bahwa penggunaan busy book memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan dan bentuk geometri pada anak sebesar 25.35% dari rerata 48.65 menjadi 74.Downloads
Published
2024-03-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Anti Isnaningsih, Heratriana Wiarati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).