Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fatmawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Auliya Wulandari STKIP Amal Bakti
  • Selvi Diana Putri STKIP Amal Bakti
  • Ainul Marhamah Hasibuan STKIP Amal Bakti
  • Yusrizal Yusrizal STKIP Amal Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.24757

Abstract

Penelitian ini diasumsikan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106156 Klumpang Kebun sebanyak 40 orang, digunakan 2 kelas yang berbeda sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Tes penelitian terdiri dari 20 pertanyaan pilihan berganda. Selain itu data di analisis menggunakan uji Independent Sample T-test yang dievaluasi sebelum dan sesudah ujian. Kemudian berdasarkan data statistik diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000<0,005 yang berarti menolak H0 dan menerima Ha, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran TGT di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol.

Downloads

Published

2024-03-08