Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo

Authors

  • Diah Ekawati Putri Universitas Negeri Gorontalo
  • Usman Moonti Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdulrahim Maruwae Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Roy Hasiru Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.20153

Abstract

Dari data hasil observasi awal penulis menemukan fenomena yang menjadi permasalahan kedisiplinan siswa yaitu: masih ada beberapa siswa yang terlambat masuk kelas padahal guru sudah berada di dalam ruangan, ketika proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang kurang memperhatikan guru dan berbicara dengan teman sebangkunya dan terdapat beberapa siswa yang kurang aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah ada pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Bealajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode Explanatory Research. Adapun data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 58 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorntalo. Besaran Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Disiplin Belajar Siswa sebesar 45% sedangkan sisanya sebesar 55% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2023-10-21