Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.20153Abstract
Dari data hasil observasi awal penulis menemukan fenomena yang menjadi permasalahan kedisiplinan siswa yaitu: masih ada beberapa siswa yang terlambat masuk kelas padahal guru sudah berada di dalam ruangan, ketika proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang kurang memperhatikan guru dan berbicara dengan teman sebangkunya dan terdapat beberapa siswa yang kurang aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah ada pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Bealajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode Explanatory Research. Adapun data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 58 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Gorntalo. Besaran Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Disiplin Belajar Siswa sebesar 45% sedangkan sisanya sebesar 55% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.Downloads
Published
2023-10-21
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).