Penerapan Metode PBL dan Media Wayang Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ricky Rismadhiarwan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Belinda Dewi Regina Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.18585

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada peserta didik kelas I A SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Pengumpulan data melalui tes untuk mendapatkan data hasil belajar peserta didik, sedangkan pengumpulan data melalui observasi untuk mendapatkan data aktivitas peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode Problem Base Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari siklus I peserta didik yang tuntas mencapai 57,69%, sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas mencapai 100%, ada peningkatan sebesar 42.31%. Begitu pula dengan aktivitas peserta didik, terjadi perubahan yang positif pada sikapnya dalam proses pembelajaran melalui metode Problem Based Learning (PBL).

Downloads

Published

2023-09-06