Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana melalui Media Papan Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.18576Abstract
Nilai rata-rata siswa paling rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Karena proses pembelajaran guru banyak menggunakan metode ceramah sehingga bersifat monoton. Dalam halini perlu dilakukan upaya peningkatan pemahaman siswa tentang konsep pecahan sederhana menggunakan media pembelajaran kartu pecahan. Media ini dapat menguatkan pemahaman siswa, sehingga memberikan kesan pada siswa selain itu dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan oleh peniliti pada siswa kelas IV SDN 2 Somoroto. Pelaksanaan penelitian ada 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini terjadi peningkatan di setiap siklusnya. Dibuktikan dengan nilai belajar siswa siklus I dengan nilai tuntas sebanyak 9 siswa 73,9%, siklus II nilai tuntas naik 4 siswa menjadi 13 siswa 91,3%. Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan 11,7 % dari 73,3% siklus I menjadi 83,3% siklus II, Sehingga aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media papan pecahan meningkat mencapai target lebih dari 75% dengan predikat keberhasilan sangat baik.Downloads
Published
2023-09-06
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).