Pengembangan E-Modul Interaktif Praktikum Kimia Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.18143Abstract
Kegiatan praktikum merupakan bagian penting dalam pembelajaran kimia guna memberi pemahaman yang konkrik dan pembuktian teori yang dipelajari. Di Maluku Utara, tidak semua sekolah memiliki fasislitas laboratorium. Selain itu, keterbatasan alat dan bahan di laboratorium, dan kurangnya kemampuan guru dalam merancang kegiatan seringkali menjadi kendala untuk melaksanakan praktikum. Olehnya itu sebagai solusi akan permasalahn tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul praktikum kimia interaktif yang valid, praktis, dan efektif dimana kegiatan praktikum dalam e-modul tersebut menggunakan alat dan bahan ramah lingkungan, yang dengan mudah dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah R&D dan mengikuti pola yang dikembangkan oleh Ploom yang terdiri dari 5 tahap yaitu : 1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) evalusai dan revisi, (5) implementasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul interaktif praktikum kimia ramah lingkungan yang dikembangkan berada pada kategori valid, sehingga layak untuk dilakukan uji efektifitas dan disebarluaskan.Downloads
Published
2023-12-13
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sudir Umar, Nur Jannah Baturante, Nurul Aulia Rahman, Dewi Satria Ahmar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).