Pengembangan Media Pembelajaran Box Cuaca Pada Tema V Kelas III SD Negeri 90 Palembang

Authors

  • Birian Yudatama universitas PGRI Palembang
  • Aswadi Jaya Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran box cuaca yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 90 Palembang. Validasi yang dikembangkan dilakukan oleh ahli media dan materi. Data pada penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon peserta didik, serta tes yang berupa latihan soal. Hasil validasi dari ketiga validator menilai kualitas media pembelajaran box cuaca secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 85,6% dengan kategori sangat valid, pada uji coba one to one memperoleh rata-rata 85,3% dan uji coba small group memperoleh rata-rata 90,2% dengan kategori sangat praktis, hasil tes latihan soal pada uji coba kelompok besar keseluruhan siswa memperoleh rata-rata 72,73 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran box cuaca telah memenuhi kriteria valid, praktis, efektif.

Downloads

Published

2023-09-10