Meningkatkan Kemampuan Memecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika menggunakan Model Pembelajaran PINTAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17378Abstract
Masalah kemampuan memecahkan masalah ini sangat penting bagi anak SD karena dengan adnaya kemampuan memecahkan masalah ini dapat membuat mereka lebih mampu memahami masalah yang terjadi pada diri mereka dan pembelajaran matematika. Salah satu cara dengan menggunakan model PINTAR. Tujuan pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran pintar pada kelas V SDN 2 Tantaringin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil aktivitas guru yang telah diamati dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model PINTAR dengan skor 30 termasuk dalam kategori sangat baik terlaksana. Hal ini berarti bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa sehingga dapat memahami pelajaran dengan baik. Hasil kemampuan memecahkan masalah siswa dalam belajar 96,66% termasuk dalam kategori sangat terampil dalam memahami pelajaran. Hasil tes yang telah dilakukan bahwa hasil belajar siswa 80,6 termasuk kategori tuntas sesuai dengan KKM.Downloads
Published
2023-09-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Putri Ade Utari, Ahmad Suriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).