Pengaruh Model Pembelajaran Games Tournamen Permainan Pipa Bocor terhadap Kemampuan Kerjasama di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17355Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan permasalahan kurangnya kegiatan stimulasi dalam bekerjasama pada anak, media permainan yang diberikan guru dalam membentuk kerjasama pada anak kurang menarik dan masih kurangnya interkasi anak terhadap teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran games tournamen permainan pipa bocor terhadap kemampuan kerjasama anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasy eksperimental (eksperimen semu). Dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian yaitu 80 orang anak, sedangkan sampel penelitian yaitu kelas B4 dengan jumlah 15 orang anak sebagai kelas eksperimen dan B5 dengan jumlah 15 orang anak sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Terdapat perbedaan rata-rata kenaikan skor di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dengan kenaikan 91 skor, sedangkan di kelas kontrol kenaikan 80 skor.Downloads
Published
2023-09-08
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Suci Islami Hendri, Rakimahwati Rakimahwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).