Pengaruh Model Pembelajaran Games Tournamen Permainan Pipa Bocor terhadap Kemampuan Kerjasama di Taman Kanak-kanak

Authors

  • Suci Islami Hendri Universitas Negeri Padang
  • Rakimahwati Rakimahwati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17355

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan permasalahan kurangnya kegiatan stimulasi dalam bekerjasama pada anak, media permainan yang diberikan guru dalam membentuk kerjasama pada anak kurang menarik dan masih kurangnya interkasi anak terhadap teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran games tournamen permainan pipa bocor terhadap kemampuan kerjasama anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasy eksperimental (eksperimen semu). Dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian yaitu 80 orang anak, sedangkan sampel penelitian yaitu kelas B4 dengan jumlah 15 orang anak sebagai kelas eksperimen dan B5 dengan jumlah 15 orang anak sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Terdapat perbedaan rata-rata kenaikan skor di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dengan kenaikan 91 skor, sedangkan di kelas kontrol kenaikan 80 skor.

Downloads

Published

2023-09-08