Model Pembelajaran Protection Landing Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Muatan IPA

Authors

  • Nadya Febrina Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Ratna Purwanti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17255

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar pada pembelajaran IPA. Upaya untuk mengatasi masalah ialah menerapkan model pembelajaran Protection Landing melalui Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 4 kali pertemuan di kelas VA SDN 1 Sungai Ulin Banjarbaru dengan objek penelitian sebanyak 25 siswa serta bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis keterampilan berpikir kreatif serta hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, dokumentasi dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performa guru terus meningkat di setiap pertemuan yang diikuti oleh aktivitas siswa terus meningkat pula di setiap pertemuan. Selain itu, keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa di semua aspek terus meningkat di setiap pertemuan. Sehubungan dengan hasil dari penelitian dapat di simpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Protection Landing mampu meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-09-08