Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model Games

Authors

  • Risma Widia Safitri Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Ratna Purwanti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17254

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan model games. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dengan jumlah siswa 29 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis secara individu dan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dipertemuan empat memperoleh skor 40 kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai persentase 100% dipertemuan empat, keterampilan berpikir kritis dipertemuan empat mencapai 93%, dan hasil belajar siswa mampu meraih nilai ? 70 dengan mencapai persentase klasikal 100% dipertemuan empat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pada pembelajaran IPS menggunakan model GAMES dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Manarap Lama 1.

Downloads

Published

2023-09-08