Pengaruh Permainan Estafet Modifikasi dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17046Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan estafet modifikasi dalam mengembangkan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak negeri pembina 01 ranah ampek hulu tapan. Sampel penelitian ini adalah anak di taman kanak-kanak negeri pembina 01 ranah ampek hulu tapan sebanyak 24 orang anak yang terdiri dari 12 anak di kelas eksperimen dan 12 anak di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak di kelas eksperimen menggunakan permainan estafet modifikasi memiliki pengaruh yang signifikan dibanding dengan kelas kontrol dengan menggunakan permainan bola keranjang terhadap perkembangan motorik kasar anak di taman kanak-kanak negeri Pembina 01 ranah ampek hulu tapan. Dengan perolehan nilai sig (2- tailed) sebesar 0,006<05, dan perolehan effect size sebesar 1.24 termasuk kedalam kategori kuat. Dengan demikian penggunaan permainan estafet modifikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini.Downloads
Published
2023-09-06
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Winda Kartika Yanti, Asdi Wirman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).