Peran Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Nuridayanti Nuridayanti Universitas Negeri Makassar
  • Sri Muryaningsih Universitas Muhammadiyah Purwokwerto
  • Badriyah Badriyah Politeknik LP3I Jakarta
  • Everhard Markiano Solissa Universitas Pattimura
  • Klemens Mere Universitas Wisnuwardhana Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16957

Abstract

Kurikulum memiliki posisi yang sangat strategis dan berfungsi sebagai penjabaran dari visi, misi, dan tujuan pendidikan pada instansi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau System Literature Review (SLR). Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Semua artikel yang digunakan bersumber dari mesin pencari literasi data elektronik Mendeley dan Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran teknologi pendidikan dalam kurikulum merdeka sangat memberikan pengaruh yang positif dalam mengaplikasikan dan mengimplementasikan teknologi dalam konsep merdeka belajar secara nyata.

Downloads

Published

2023-09-05