Penerapan Model Group Investigation dan Media Gambar Peristiwa dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis

Authors

  • Nawang Sistiani Universitas Negeri Jakarta
  • Sintowati Rini Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Hibatullah Hibatullah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16910

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 7 Jakarta tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30. Adapun objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan model group investigation (GI) dan media gambar peristiwa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media gambar peristiwa dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 7 Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 61 pada prettest, 71 pada siklus I, 78 pada siklus II, dan 88 pada siklus III. Persentase peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada siklus I yaitu sebesar 16%, siklus II sebesar 10%, dan siklus III sebesar 12%.

Downloads

Published

2023-09-12