Penerapan Model Group Investigation dan Media Gambar Peristiwa dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16910Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 7 Jakarta tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30. Adapun objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan model group investigation (GI) dan media gambar peristiwa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media gambar peristiwa dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 7 Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 61 pada prettest, 71 pada siklus I, 78 pada siklus II, dan 88 pada siklus III. Persentase peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada siklus I yaitu sebesar 16%, siklus II sebesar 10%, dan siklus III sebesar 12%.Downloads
Published
2023-09-12
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nawang Sistiani, Sintowati Rini Utami, Hibatullah Hibatullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).