Peningkatan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Membentuk dengan media Tanah Liat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.16786Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan media tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada siswa kelompok A di TK Nurul Iman Serang Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A dengan jumlah sebanyak 15 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisa data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, catatan dokumentasi. Analisa data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan keterampilan motorik halus setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media tanah liat. Hasil penelitian ini. menunjukan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan membentuk dengan tanah liat. Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 47% dan meningkat menjadi 60.68%. Pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif tersebut yang diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa kegiatan membentuk dengan menggunakan media tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus.Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).