Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16707Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru, siswa kurang suka terhadap pembelajaran matematika, siswa kurang fokus dan asyik sendiri saat pembelajaran berlangsung, rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN 11 Sitiung dan SDN 07 Sitiung. Teknik pengumpulan data tes diambil dengan menggunakan lembar tes kemudian dianalisis pula menggunakan uji normalitas, uji homogenitan, uji n gain dan uji hipotesis melalui SPSS 20 pada taraf 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tes dari uji hipotesis pada independent sampel test dengan taraf signifikasi 0,05 menunjukan hasil sig. (2-tailed) lebih kecil dari a atau dalam persamaan 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis dari data tes, maka dapat disimpulkan bahwa model picture and picture mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas I Sekolah Dasar Negeri 11 Sitiung.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Wiwik Okta Susilawati, Dwi Novri Asmara, Rafki Imani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).