Meta-Analisis Validitas Media Booklet pada Pembelajaran Biologi SMA/MA

Authors

  • Ichi Nurri Fadhillah Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.16544

Abstract

Media pembelajaran berperan penting sebagai alat penunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa materi yang sulit dipahami oleh peserta didik, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik. Booklet merupakan salah satu media pembelajaran yang berisikan informasi terkait topik tertentu dilengkapi dengan ilustrasi yang sesuai, sehingga dapat dijadikan suplemen bahan ajar untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media booklet pada pembelajaran biologi SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk meta-analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis jurnal-jurnal yang terkait dengan booklet. Sampel penelitian terdiri atas 20 jurnal terkait pengembangan booklet. Hasil meta-analisis penelitian untuk validitas media booklet didapatkan sebesar 90,03% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil meta-analisis penelitian ini, diharapkan validitas booklet pada pembelajaran biologi SMA/MA diperoleh kriteria sangat valid.

Downloads

Published

2023-06-30