Meta-Analisis Validitas Media Booklet pada Pembelajaran Biologi SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.16544Abstract
Media pembelajaran berperan penting sebagai alat penunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa materi yang sulit dipahami oleh peserta didik, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik. Booklet merupakan salah satu media pembelajaran yang berisikan informasi terkait topik tertentu dilengkapi dengan ilustrasi yang sesuai, sehingga dapat dijadikan suplemen bahan ajar untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media booklet pada pembelajaran biologi SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk meta-analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis jurnal-jurnal yang terkait dengan booklet. Sampel penelitian terdiri atas 20 jurnal terkait pengembangan booklet. Hasil meta-analisis penelitian untuk validitas media booklet didapatkan sebesar 90,03% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil meta-analisis penelitian ini, diharapkan validitas booklet pada pembelajaran biologi SMA/MA diperoleh kriteria sangat valid.Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).