PBL : Improving Problem Solving Ability in Science Subject Materials

Authors

  • Novia Riski Nursiam Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Aprilita Ekasari Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi cahaya dan optik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 14 Gresik yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan angket dengan menggunakan instrumen lembar observasi, lembar tes (pretest dan posttest) dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis skor dan kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran, analisis uji dengan uji normalitas, uji t tidak berpasangan, dan uji N-gain ternormalisasi, analisis skor dan kriteria penilaian respon siswa. Setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukkan peningkatan.

Downloads

Published

2023-09-04