Perbedaan Model Pembelajaran CIRC dan TTW terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD

Authors

  • Rika Damayanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Krisma Widi Wardani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16107

Abstract

Salah satu kemampuan membaca pemahaman yang harus dimiliki siswa Sekolah Dasar yaitu kemampuan membaca pemahaman, maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan membaca pemahaman teks narasi pada siswa kelas IV SD dari implementasi model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran TTW. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji parametrik Independent Sample T-Test. Dari uji tersebut didapatkan nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,047<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan membaca pemahaman teks narasi pada siswa kelas IV SD dari implementasi model pembelajaran CIRC dan TTW. Selain itu juga ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata kemampuan membaca pemahaman teks narasi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pembelajaran CIRC dan TTW. Hasil rata-rata sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran CIRC sebesar 52,47 dan TTW sebesar 59,80 dan setelah diberikan perlakuan CIRC sebesar 79,16 dan TTW sebesar 85,30.

Downloads

Published

2023-09-22