Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Media Audio Visual

Authors

  • Winda Dela Arindy Universitas PGRI Palembang
  • A. Heryanto Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daru model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Audio Visual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 2 kelas V dengan jumlah 76 Peserta didik. Dengan sampel  kelas eksperimen V D dan kelas kontrol V B. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik porposive sampling dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dilakukan dengan menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian data nilai akhir (Posttest) kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 83,842 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 79,131. Adapun hasil uji hipotesis dengan uji-t independent sample t-tes yaitu menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai yang sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.

Downloads

Published

2023-09-18