Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16007Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daru model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Audio Visual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 2 kelas V dengan jumlah 76 Peserta didik. Dengan sampel kelas eksperimen V D dan kelas kontrol V B. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik porposive sampling dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dilakukan dengan menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian data nilai akhir (Posttest) kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 83,842 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 79,131. Adapun hasil uji hipotesis dengan uji-t independent sample t-tes yaitu menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai yang sebesar 0,029 lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.Downloads
Published
2023-09-18
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Winda Dela Arindy, A. Heryanto, Sylvia Lara Syaflin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).