Implementation of Independent Curriculum and Relevance to Teaching and Learning Process
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15592Abstract
Salah satu bentuk manajemen pendidikan adalah penerapan kurikulum di sekolah. Terutama bagi sekolah-sekolah yang masih banyak membutuhkan bantuan dan berada di daerah tertinggal. Tanpa persiapan yang matang, hasil pendidikan yang maksimal tidak akan tercapai, melainkan hanya hasil percobaan, dan pelaksana pendidikan justru direpotkan dengan tuntutan penyesuaian yang terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan Kurikulum Merdeka dan pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis evaluasi kebijakan Willian Dunn. Hasil penelitian ini adalah implementasi kurikulum yang relevan masih jauh dari harapan, sekolah terkesan masih belum siap menerapkan kurikulum dan masih berpegang pada ketentuan kurikulum lama. Hal ini terlihat dari evaluasi kebijakan yang terdiri dari efektivitas, efisiensi, kecukupan dan pemerataan masih memiliki berbagai kelemahan.Downloads
Published
2023-09-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Taufiq Ramadhani, Yuniarto Mudjisusatyo, Wanapri Pangaribuan, Isli Iriani Indah Pane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).