Implementation of Independent Curriculum and Relevance to Teaching and Learning Process

Authors

  • Taufiq Ramadhani Medan State University
  • Yuniarto Mudjisusatyo Medan State University
  • Wanapri Pangaribuan Medan State University
  • Isli Iriani Indah Pane Medan State University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15592

Abstract

Salah satu bentuk manajemen pendidikan adalah penerapan kurikulum di sekolah. Terutama bagi sekolah-sekolah yang masih banyak membutuhkan bantuan dan berada di daerah tertinggal. Tanpa persiapan yang matang, hasil pendidikan yang maksimal tidak akan tercapai, melainkan hanya hasil percobaan, dan pelaksana pendidikan justru direpotkan dengan tuntutan penyesuaian yang terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan Kurikulum Merdeka dan pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis evaluasi kebijakan Willian Dunn. Hasil penelitian ini adalah implementasi kurikulum yang relevan masih jauh dari harapan, sekolah terkesan masih belum siap menerapkan kurikulum dan masih berpegang pada ketentuan kurikulum lama. Hal ini terlihat dari evaluasi kebijakan yang terdiri dari efektivitas, efisiensi, kecukupan dan pemerataan masih memiliki berbagai kelemahan.

Downloads

Published

2023-09-22