Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Biologi SMA

Authors

  • Mansur S Universitas Nusa Nipa
  • Sukarman Hadi Jaya Putra Universitas Nusa Nipa
  • Maria Yulia Astitin Minu Universitas Nusa Nipa
  • Sri Sulystyaningsih Natalia Daeng Tiring Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa Kelas XI SMAS Katolik Alvarez Paga Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Katolik Alvarez Paga. Penelitian ini mengunakan metode peneltian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan Tindakan, pelaksanaan Tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui tes, observasi dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkat motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAS Katolik Alvarez Paga. Peningkatan motivasi belajar pada siklus I 60% dan pada siklus II motivasi belajar biologi meningkat 100%. Rata-rata hasil belajar siklus I mengalami peningkatan dari pada pratindakan. Rata-rata aspek kognitif pada siklus 1 sebesar 67,75% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,25%.

Downloads

Published

2023-06-30