Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Biologi SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15274Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa Kelas XI SMAS Katolik Alvarez Paga Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Katolik Alvarez Paga. Penelitian ini mengunakan metode peneltian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan Tindakan, pelaksanaan Tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui tes, observasi dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkat motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAS Katolik Alvarez Paga. Peningkatan motivasi belajar pada siklus I 60% dan pada siklus II motivasi belajar biologi meningkat 100%. Rata-rata hasil belajar siklus I mengalami peningkatan dari pada pratindakan. Rata-rata aspek kognitif pada siklus 1 sebesar 67,75% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,25%.Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mansur S, Sukarman Hadi Jaya Putra, Maria Yulia Astitin Minu, Sri Sulystyaningsih Natalia Daeng Tiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).