Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Eksploratif Fenomena Lokal dan Global mengenai Radiasi Cahaya Matahari dan Suhu di Danau Tondano
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15247Abstract
Pembelajaran eksploratif dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dapat menjadi alternatif untuk menyajikan proses perkuliahan yang lebih menarik dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai radiasi cahaya matahari dan suhu di Danau Tondano. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Intrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran eksploratif fenomena lokal dan global mengenai radiasi cahaya matahari dan suhu di Danau Tondano memperoleh nilai 89 termasuk dalam kategori sangat baik.Downloads
Published
2023-06-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Agnes Jainef Anggelina Ruitan, Ni Wayan Suriani, Anneke Tienneke Rondonuwu, Alfrits Komansilan, Brian Ricard Wola, Milan Kisy Rogahang, Grisye Ichnetsya Z. Mirontoneng
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).