Systematic Literature Review: Efektivitas Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15230Abstract
Pembelajaran daring (e-learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang berlangsung secara online menggunakan jejaring sosial atau aplikasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis media interaktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau System Literature Review (SLR). Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Semua artikel yang digunakan bersumber dari mesin pencari literasi data elektronik Mendeley dan Google Scholar. Literatur yang digunakan sesuai dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian literatur. Alasan dilakukannya penelitian kualitatif adalah karena penelitian ini bersifat eksploratif. Sehingga kemudian didiskusikan lebih mendalam dengan bantuan pustaka terkait atau literature review. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah dipaparkan melalui Systematic Literature Review maka kesimpulan yang didapatkan pada artikel ini adalah (1) Penggunaan media interaktif efektif, valid dan efisien dalam proses pembelajaran (2) Penggunaan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2023-06-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zulfiah Larisu, Basyirah Basyirah, Klemens Mere, Ahmad Fauzi, Fahrur Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).