Systematic Literature Review: Efektivitas Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Zulfiah Larisu Universitas Halu Olea
  • Basyirah Basyirah Universitas Gajah Putih Takengon
  • Klemens Mere Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Ahmad Fauzi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fahrur Rozi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15230

Abstract

Pembelajaran daring (e-learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang berlangsung secara online menggunakan jejaring sosial atau aplikasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis media interaktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau System Literature Review (SLR). Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Semua artikel yang digunakan bersumber dari mesin pencari literasi data elektronik Mendeley dan Google Scholar. Literatur yang digunakan sesuai dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian literatur. Alasan dilakukannya penelitian kualitatif adalah karena penelitian ini bersifat eksploratif. Sehingga kemudian didiskusikan lebih mendalam dengan bantuan pustaka terkait atau literature review. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah dipaparkan melalui Systematic Literature Review maka kesimpulan yang didapatkan pada artikel ini adalah (1) Penggunaan media interaktif efektif, valid dan efisien dalam proses pembelajaran (2) Penggunaan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-06-22