Meta-Analisis Validitas Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15228Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi harus mampu mengembangkan pemikiran kritis serta kreatifitas peserta didik dan guru. Penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Alat yang digunakan dalam proses pembelajaran yang disebut media pembelajaran interaktif memadukan komponen audio, visual, dan video sedemikian rupa sehingga menarik minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media pembelajaran interaktif pada Pembelajaran Biologi. Meta-analisis adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis artikel-artikel dari jurnal yang berhubungan dengan media pembelajaran interaktif. Sampel yang digunakan adalah 15 jurnal yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran interaktif. Hasil meta-analisis penelitian adalah untuk media pembelajaran interaktif didapatkan rata-rata nilai sebesar 86,35% dengan kategori sangat valid.Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fadiyah Hanin, Lufri Lufri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).