Kesiapan Guru Biologi terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN Kota Pariaman

Authors

  • Nifha Elfina Novianti Universitas Negeri Padang
  • Sa'diatul Fuadiyah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15212

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam dengan mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Implementasi kurikulum merdeka belum berjalan dengan baik dikarenakan masih terdapat kendala seperti sarana dan prasarana yang belum lengkap dan pemahaman yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru biologi terhadap implementasi kurikulum merdeka di SMAN Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian yaitu seluruh guru biologi di SMAN Kota Pariaman. Instrumen penelitian berupa angket dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik yang diperoleh dari instrumen penelitian yang telah digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru biologi di SMAN Kota Pariaman dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka berada pada kategori “siap” dengan total persentase kesiapan sebesar 60% (9 orang), yang artinya secara kemampuan dalam menguasai bidang, minat, bakat, keselarasan dengan tujuan yang ingin dicapai dan sikap terhadap bidangnya dapat dikatakan sudah siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMAN Kota Pariaman.

Downloads

Published

2023-09-21