Meta-Analisis Validitas Penggunaan E-Module Terintegrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM)

Authors

  • Despia Lailatul Putri Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15196

Abstract

Pada abad ke-21, pendidikan merupakan cara untuk memajukan dan mencerdaskan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Dunia pendidikan harus menguasai dasar-dasar sains dan matematika yang dipadukan dengan seni yang diperoleh melalui pembelajaran dengan pendekatan STEAM. Mengintegrasikan STEAM ke dalam modul pembelajaran dapat membantu mengembangkan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keabsahan penggunaan modul elektronik oleh ahli materi dan ahli media. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel serupa dengan mencari artikel dari beberapa jurnal melalui Internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 artikel terkait. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata validitas ahli materi adalah 87,80% untuk kategori sangat valid, sedangkan rata-rata validitas ahli media adalah 89,80% untuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis penggunaan modul elektronik yang dikembangkan dapat digolongkan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-06-22