Meta-Analisis Validitas Penggunaan E-Module Terintegrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15196Abstract
Pada abad ke-21, pendidikan merupakan cara untuk memajukan dan mencerdaskan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Dunia pendidikan harus menguasai dasar-dasar sains dan matematika yang dipadukan dengan seni yang diperoleh melalui pembelajaran dengan pendekatan STEAM. Mengintegrasikan STEAM ke dalam modul pembelajaran dapat membantu mengembangkan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keabsahan penggunaan modul elektronik oleh ahli materi dan ahli media. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel serupa dengan mencari artikel dari beberapa jurnal melalui Internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 artikel terkait. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata validitas ahli materi adalah 87,80% untuk kategori sangat valid, sedangkan rata-rata validitas ahli media adalah 89,80% untuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis penggunaan modul elektronik yang dikembangkan dapat digolongkan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2023-06-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Despia Lailatul Putri, Zulyusri Zulyusri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).