Analisa Aktivitas Membaca Awal Anak melalui Gabungan Pendekatan Whole Word dan Phonics

Authors

  • Endah Tri Wahyuningsih STAI Terpadu Yogyakarta
  • Hesti Putri Setianingsih Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15137

Abstract

Kemampuan membaca menjadi salah satu bagian dari perkembangan bahasa reseptif yang dapat distimulasi pada masa anak usia dini. Teori dalam pemerolehan bahasa membawa pada dua pendekatan yakni Whole Word dan Phonics. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Rumah Belajar nonformal Jauzaa yang memfasilitasi bimbingan untuk stimulasi membaca awal menggunakan penggabungan Pendekatan Phonics dan Whole Word pada anak usia 3-9 Tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip bimbingan membaca terbagi menjadi 2 sesi, yakni 1) Sesi Phonics: Sistematika tahapan membaca melalui acuan dengan tahap huruf, suku kata, kata, kalimat, dan paragraf. 2) Sesi Whole Word: Materi yang diberikan adalah utuh, menyeluruh, dan memaknai konteks bacaan. Pendekatan tersebut diberikan melalui perancangan situasi yang menyenangkan melalui permainan ataupun aktivitas lain sehingga anak akan lebih termotivasi dan semangat dalam belajar membaca.

Downloads

Published

2023-06-30