Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monorikal (Monopoli Kearifan Lokal) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15051Abstract
Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh media pembelajaran monopoli kearifan lokal (Monorikal)” terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Danau Panggang pada pembelajaran IPA terutama materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pre experimental dengan model one group pretest posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Danau Panggang, adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIIb yang berjumlah 27 orang peserta didik dengan pemilihan sampel secara sampling jenuh dimana semua anggota populasi menjadi sampel dan homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dan observasi. Hasil analisis motivasi belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata 80% tergolong dalam kategori tinggi. Analisis hasil belajar peserta didik diperoleh dari thitung 3,54> ttabel 2,01 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli kearifan lokal (Monorikal) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Barsinah Barsinah, Yasmine Khairunnisa, Yudha Irhasyuarna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).