Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monorikal (Monopoli Kearifan Lokal) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Barsinah Barsinah Universitas Lambung Mangkurat
  • Yasmine Khairunnisa Universitas Lambung Mangkurat
  • Yudha Irhasyuarna Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15051

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh media pembelajaran monopoli kearifan lokal (Monorikal)” terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Danau Panggang pada pembelajaran IPA terutama materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pre experimental dengan model one group pretest posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Danau Panggang, adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIIb yang berjumlah 27 orang peserta didik dengan pemilihan sampel secara sampling jenuh dimana semua anggota populasi menjadi sampel dan homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dan observasi. Hasil analisis motivasi belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata 80% tergolong dalam kategori tinggi. Analisis hasil belajar peserta didik diperoleh dari thitung 3,54> ttabel 2,01 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli kearifan lokal (Monorikal) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-06-30