English for Specific Purposes: an English Material Needs of Accounting Students
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15041Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman mahasiswa akuntansi dalam memenuhi kebutuhan mereka akan materi bahasa Inggris dan tantangan pengajaran bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus di Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan melakukan Focus Group Discussions (FGD) dan survei online kepada mahasiswa akuntansi tahun pertama yang telah berhasil menyelesaikan kelas Bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus sebagai peserta. Untuk pengayaan data juga dilakukan wawancara semi terstruktur dengan dosen bahasa Inggris. Data dianalisis menggunakan transkripsi dari FGD dan wawancara semi terstruktur, kemudian data dari kuesioner digunakan sebagai triangulasi data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa agar mahasiswa akuntansi dapat meningkatkan produksi bahasa mereka, diperlukan sumber pengajaran bahasa Inggris kontekstual. Para peserta juga menyampaikan pendapat mereka tentang sumber pengajaran terbaik untuk mahasiswa akuntansi. Temuan ini memberikan panduan yang berguna untuk mengembangkan bahan ajar yang menarik, khususnya bagi mahasiswa akuntansi, yang perlu mengembangkan kemahiran bahasa dalam akuntansi.Downloads
Published
2023-06-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yuliana Friska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).