English for Specific Purposes: an English Material Needs of Accounting Students

Authors

  • Yuliana Friska Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15041

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman mahasiswa akuntansi dalam memenuhi kebutuhan mereka akan materi bahasa Inggris dan tantangan pengajaran bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus di Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan melakukan Focus Group Discussions (FGD) dan survei online kepada mahasiswa akuntansi tahun pertama yang telah berhasil menyelesaikan kelas Bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus sebagai peserta. Untuk pengayaan data juga dilakukan wawancara semi terstruktur dengan dosen bahasa Inggris. Data dianalisis menggunakan transkripsi dari FGD dan wawancara semi terstruktur, kemudian data dari kuesioner digunakan sebagai triangulasi data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa agar mahasiswa akuntansi dapat meningkatkan produksi bahasa mereka, diperlukan sumber pengajaran bahasa Inggris kontekstual. Para peserta juga menyampaikan pendapat mereka tentang sumber pengajaran terbaik untuk mahasiswa akuntansi. Temuan ini memberikan panduan yang berguna untuk mengembangkan bahan ajar yang menarik, khususnya bagi mahasiswa akuntansi, yang perlu mengembangkan kemahiran bahasa dalam akuntansi.

Downloads

Published

2023-06-22