Students’ Motivation to Learn and Its Relationship with the Achievement of Reading Comprehension
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14969Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan motivasi untuk belajar siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 36 Palembang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas 8 yang berjumlah 327 siswa. Enam puluh empat siswa menjadi sampel, yang diambil dengan menggunakan teknik convenience sampling. Untuk mengumpulkan data mengenai tingkat motivasi belajar siswa, digunakan metode penyebaran kuesioner. Sementara itu, tes pilihan ganda digunakan untuk menguji berbagai aspek membaca dan mengukur kemampuan pemahaman siswa. Metode analisis data menggunakan metode analisis korelasi langsung. Dengan mempertimbangkan estimasi koefisien korelasi pada tingkat signifikansi 5%. Karena r yang diperoleh > r tabel atau 0,576>0,246, maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi efektif sebesar 0,576 dan kontribusi yang positif dan substansial sebesar 33,2% antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman.Downloads
Published
2023-06-21
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Melisa Marlinton, Masagus Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).