Students’ Motivation to Learn and Its Relationship with the Achievement of Reading Comprehension

Authors

  • Melisa Marlinton Universitas PGRI Palembang
  • Masagus Firdaus Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14969

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan motivasi untuk belajar siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 36 Palembang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas 8 yang berjumlah 327 siswa. Enam puluh empat siswa menjadi sampel, yang diambil dengan menggunakan teknik convenience sampling. Untuk mengumpulkan data mengenai tingkat motivasi belajar siswa, digunakan metode penyebaran kuesioner. Sementara itu, tes pilihan ganda digunakan untuk menguji berbagai aspek membaca dan mengukur kemampuan pemahaman siswa. Metode analisis data menggunakan metode analisis korelasi langsung. Dengan mempertimbangkan estimasi koefisien korelasi pada tingkat signifikansi 5%. Karena r yang diperoleh > r tabel atau 0,576>0,246, maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi efektif sebesar 0,576 dan kontribusi yang positif dan substansial sebesar 33,2% antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman.

Downloads

Published

2023-06-21