The Effect of Using Pictures in Teaching Vocabulary to the Sixth Grade Students at SD Negeri 107405 Sei Rotan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14889Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan gambar dalam pengajaran kosakata bagi siswa kelas VI SD Negeri 107405 Sei Rotan. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-test/post-test control group. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda berdasarkan materi yang relevan dengan buku teks yang digunakan di sekolah. Data dianalisis dengan menggunakan rumus tes, dan untuk memperkirakan reliabilitas tes digunakan rumus Kuder Richardson. Salah satu faktor yang mungkin berkontribusi pada hasil ini adalah penggunaan gambar dalam pengajaran kosakata dapat membantu siswa membuat koneksi yang lebih kuat antara kata dan artinya. Gambar menyajikan informasi visual yang memudahkan siswa untuk menghubungkan kata dengan konsep yang direpresentasikan, sehingga memperkuat pemahaman mereka tentang makna kata. Selain itu, gambar juga bisa meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar kosakata, karena gambar sering dianggap lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan teks. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test (1,84) lebih tinggi dari t-tabel (0,63) dan sebesar (16) dan tingkat signifikansi (0,05) yang berarti bahwa hipotesis ada manfaat yang signifikan menggunakan gambar dalam mengajar kosa kata.Downloads
Published
2023-06-15
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syarifah Hidayani Hidayani, Vera Marisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).