The Effect of Using Pictures in Teaching Vocabulary to the Sixth Grade Students at SD Negeri 107405 Sei Rotan

Authors

  • Syarifah Hidayani Hidayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Vera Marisa STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan gambar dalam pengajaran kosakata bagi siswa kelas VI SD Negeri 107405 Sei Rotan. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-test/post-test control group. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda berdasarkan materi yang relevan dengan buku teks yang digunakan di sekolah. Data dianalisis dengan menggunakan rumus tes, dan untuk memperkirakan reliabilitas tes digunakan rumus Kuder Richardson. Salah satu faktor yang mungkin berkontribusi pada hasil ini adalah penggunaan gambar dalam pengajaran kosakata dapat membantu siswa membuat koneksi yang lebih kuat antara kata dan artinya. Gambar menyajikan informasi visual yang memudahkan siswa untuk menghubungkan kata dengan konsep yang direpresentasikan, sehingga memperkuat pemahaman mereka tentang makna kata. Selain itu, gambar juga bisa meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar kosakata, karena gambar sering dianggap lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan teks. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test (1,84) lebih tinggi dari t-tabel (0,63) dan sebesar (16) dan tingkat signifikansi (0,05) yang berarti bahwa hipotesis ada manfaat yang signifikan menggunakan gambar dalam mengajar kosa kata.

Downloads

Published

2023-06-15