Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi Siswa atas Kompetensi Kepribadian Guru Madrasah Aliyah terhadap Hasil Belajar Sosiologi Diwilayah Serang Banten
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14882Abstract
Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi Siswa atas Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar sosiologi, (2) pengaruh persepsi siswa atas kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar sosiologi, (3) pengaruh minat belajar siswa dan persepsi siswa atas kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar sosiologi secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah survey tekhnik analisis linear berganda. Uji hipotesis menggunakan uji linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa dan persepsi siswa atas kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000< 0,05 dan Fh = 10,778. Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar sosiologi siswa MA Swasta Serang Banten. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005< 0,05 dan th= 2,934.Downloads
Published
2023-05-22
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).