Validitas Modul Ajar Mutasi Berbasis Problem Based Leraning (PBL)

Authors

  • Sinta Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang
  • Suci Fajrina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14575

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang menjadikan pendidikan berpusat pada peserta didik sehingga pendidik dituntut mampu mengembangkan modul ajar. Modul ajar kurikulum merdeka merupakan bahasa baru dari RPP yang memiliki ketentuan format memuat materi pembelajaran, interpretasi, dan teknik evaluasi yang disusun secara sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini 2 orang dosen departemen biologi FMIPA UNP, 3 orang guru biologi SMAN 1 Batang Anai. Objek penelitian adalah modul ajar mutasi problem based learning (PBL) untuk mata pelajaran biologi fase F SMA/MA. Instrumen pengumpulan data adalah angket wawancara pendidik, angket validitas, dan angket uji keterbacaan. Hasil uji validitas modul ajar adalah 92,10% dikategorikan sangat valid. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa modul ajar mutasi berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk mata pelajaran biologi fase F SMA/MA valid.

Downloads

Published

2023-05-18