Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Gajah Mada Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14552Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Gajah Mada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada yang berjumlah 19 orang siswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Keberartian Regresi (Uji-t), Uji Koefisien Regresi (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan diperoleh persamaan Y= 35.603 + 0,858X dengan penjelasan bahwa setiap peningkatan 1% kreativitas guru dalam mengajar maka hasil belajar siswa akan meningkat 0,858. Uji hipotesis secara parsial (Uji-t) untuk variabel X diperoleh t-hitung (5.165) > t-tabel (2.109) dan p-value (0.000) yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas X (kreativitas guru dalam mengajar) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (hasil belajar siswa).Downloads
Published
2023-05-08
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).