How Reading Comprehension and Reading Habits Affect Seventh Grade Students’ Writing Skills

Authors

  • Herlina Herlina PGRI Palembang University
  • Tahrun Tahrun PGRI Palembang University
  • Masagus Firdaus PGRI Palembang University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14514

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kebiasaan membaca dan pemahaman siswa kelas tujuh di SMP N 36 Palembang mempengaruhi keterampilan menulis mereka. Metode penelitian ex post facto digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kebiasaan membaca dan melakukan ujian pemahaman membaca dan menulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda, uji-t parsial, dan uji F simultan dengan kriteria signifikan 5%.  Semua nilai signifikansi yang diperoleh dalam penelitian ini kurang dari 0,05, yang menunjukkan bahwa pemahaman membaca memiliki pengaruh yang baik dan substansial terhadap keterampilan menulis siswa. Kebiasaan membaca memiliki pengaruh yang baik dan cukup besar terhadap kemampuan menulis siswa. Pemahaman membaca dan kebiasaan membaca secara simultan memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Menurut temuan yang diperoleh, disimpulkan bahwa pemahaman membaca dan kebiasaan membaca berperan dalam memungkinkan siswa kelas 7 di SMP N 36 Palembang untuk mencapai tingkat kemampuan menulis yang lebih tinggi.

Downloads

Published

2023-05-11