Effective Strategies on Program Kampus Mengajar Merdeka to Improve Students' Literacy and Numeracy Ability at SD Negri 106446 Bintang Meriah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14456Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Kampus Merdeka Mengajar dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negri 106446 Bintang Meriah. Partisipan penelitian ini adalah 11 siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling. Program ini dilaksanakan selama 6 bulan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, pre-test, dan post-test dengan menggunakan tes literasi dan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang signifikan setelah mengikuti program Kampus Mandiri Mengajar. Temuan menunjukkan bahwa program Kampus Mandiri Mengajar dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi mahasiswa. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan program ini di sekolah lain untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Kajian ini penting karena memberikan gambaran tentang efektifitas program Kampus Mengajar Merdeka dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi mahasiswa dalam konteks tertentu. Temuan penelitian ini dapat menginformasikan pengembangan program masa depan yang ditujukan untuk meningkatkan prestasi akademik di kalangan mahasiswa Indonesia.Downloads
Published
2023-05-04
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).