Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa

Authors

  • Elza Sasmiza Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Yenny Puspita Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14424

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain posttest Only Control Design serta populasi penelitian yaitu 239 dan sampel 66 orang (33 kelas XI IPS 2 dan 33 kelas XI IPS 3). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes esai dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,685 dan ttabel sebesar 1,666 hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang.

Downloads

Published

2023-05-03