Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Sejarah Palembang di SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14417Abstract
Komik yang digunakan dalam pembelajaran Fisika dapat dikembangkan dengan kolaborasi cerita daerah Palembang kemudian dikaji dari aspek Fisika lalu dibuat alur cerita untuk disajikan dalam bentuk komik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis etnosains sejarah Palembang di Sekolah dikategorikan layak apabila persentase kelayakan memperoleh nilai ? 61%. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa komik fisika berbasis etnosains materi usaha dan energi untuk siswa Kelas X SMA yang valid dan layak digunakan, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik SMA materi usaha dan energi. Setelah divalidasi oleh validator dari 3 tim ahli maka media komik dinyatakan layak. Rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 91% yang berarti media pembelajaran fisika berbasis etnosains sejarah Palembang di SMA termasuk dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik dari hasil rata-rata sebesar 94,5% yang menyatakan sangat layak dan respon pendidik diperoleh rata-rata sebesar 91%.Downloads
Published
2023-05-23
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Fiki Nugraha Adi, Lukman Hakim, Rita Sulistyowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).