Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Reading Champ melalui Penerapan Supervisi Kepala Sekolah di SD Inpres Iligetang

Authors

  • Simporosa Suriname SD Inpres Iligetang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14351

Abstract

Pelaksanaan reading champ di SD Inpres Iligetang oleh guru belum mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca anak dimana masih sebagian besar anak yang belum mampu membaca. Solusi dari masalah ini adalah pelaksanaan supervisi kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan reading champ melalui penerapan supervisi kepala sekolah di SD Inpres Iligetang. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah, dengan subjek penelitian adalah guru kelas rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan kegiatan reading champ, dimana pada siklus I, presentasi skor perolehan pelaksanaan kegiatan reading champ sebesar 57,14%; peran guru dalam kegiatan reading champ sebesar 100%; dan nilai hasil kegiatan reading champ siswa 43% (31 siswa yang tuntas). Sedangkan pada siklus II, presentasi skor perolehan pelaksanaan kegiatan reading champ sebesar 92%; peran guru dalam kegiatan reading champ sebesar 100%; dan nilai hasil kegiatan reading champ siswa 93,05% (67 siswa yang tuntas). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanakan supervisi oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pengelolaam reading champ.

Downloads

Published

2023-05-03