Pembelajaran Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia dengan Metode Kunjung Karya sebagai Alternatif Pengajaran Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14186Abstract
Menerapkan metode pembelajaran yang tepat adalah kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk materi teks eksplanasi. Penelitian deskriptif dilakukan dengan melibatkan 36 peserta didik, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kunjung karya sangat efektif, karena peserta didik yang menggunakan metode ini mendapatkan nilai pembelajaran teks eksplanasi antara 81-100. Aspek kreativitas dalam merancang teks eksplanasi mendapat presentase tertinggi sebesar 83,33% dan diikuti oleh aspek penilaian sikap terendah yaitu kerjasama dalam kelompok dengan presentase 55,56%. Kesimpulannya, penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk materi teks eksplanasi menunjukkan hasil yang sangat baik dan menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi.Downloads
Published
2023-05-02
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tyas Noor Rachma, Ika Septiana, Sudiyati Sudiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).