Pembelajaran Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia dengan Metode Kunjung Karya sebagai Alternatif Pengajaran Inovatif

Authors

  • Tyas Noor Rachma Universitas PGRI Semarang
  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang
  • Sudiyati Sudiyati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14186

Abstract

Menerapkan metode pembelajaran yang tepat adalah kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk materi teks eksplanasi. Penelitian deskriptif dilakukan dengan melibatkan 36 peserta didik, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kunjung karya sangat efektif, karena peserta didik yang menggunakan metode ini mendapatkan nilai pembelajaran teks eksplanasi antara 81-100. Aspek kreativitas dalam merancang teks eksplanasi mendapat presentase tertinggi sebesar 83,33% dan diikuti oleh aspek penilaian sikap terendah yaitu kerjasama dalam kelompok dengan presentase 55,56%. Kesimpulannya, penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk materi teks eksplanasi menunjukkan hasil yang sangat baik dan menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi.

Downloads

Published

2023-05-02