Implementasi dan Evaluasi Student Centered Learning

Authors

  • Lina Asnamawati Universitas Terbuka
  • Euis Susilowati Universitas Terbuka
  • Stefani Nawati Universitas Terbuka
  • Dahlia Mayasari Wiraswasta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14177

Abstract

LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) Mandiri S Nur merupakan lembaga Pendidikan non formal yang diselenggarakan bagi masyarakat untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan. Lembaga ini mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki 27 cabang yang ada di Indonesia, dan memiliki 40.000 anggota yang telah bergabung mendapatkan sertifikat pelatihan pada LPK Mandiri S Nur, sehingga hal yang menarik untuk menganalisis implementasi dan evaluasi proses pembelajaran pada LPK Mandiri S Nur.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menjelaskan LPK Mandiri S Nur menerapkan pembelajaran dengan Student Centered Learning untuk kegiatan pelatihan tata boga, tata busana dan tata rias pengantin, dengan metode pembelajaran yang menuntut warga belajar  untuk memilih apa yang harus dipelajari, bagaimana caranya, dan kenapa hal atau materi tersebut harus dipelajari.

Downloads

Published

2023-05-04