Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X

Authors

  • Siti Nur Fadhilatin Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Antonius Totok Priyadi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Sisilya Saman Madeten Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14159

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis. Dalam pembelajaran menulis puisi, siswa masih kurang mampu dalam menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar menulis puisi menggunakan model cooperative script. Bentuk penelitian ini adalah penlitian kualitatif yaitu model Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sebangki Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumenter, dan pengetesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perencanaan pembelajaran yang diperoleh guru pada siklus I yaitu 67,37 dengan persentase 67,37%, pada siklus II, yaitu 72,10 dengan persentase 72,10%, dan pada siklus III, yaitu 80 dengan persentase 80%. Pada siklus I nilai pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh guru yaitu 63 dengan persentase 63%, pada siklus II, yaitu 73,5 dengan persentase 73,5%, dan pada siklus III, yaitu 80,5 dengan persentase 80,5%. Hasil belajar siswa dalam menulis puisi pada siklus I adalah 69,17, siklus II adalah 69,58, dan pada siklus III adalah 79,17. Jadi pembelajaran menulis puisi menggunakan model cooperative script dari prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2023-04-26